• Bangunan Peninggalan Belanda Sebagai Aset Desa Krampon

    Sekitar tiga ratus lima puluh tahun penjajahan Belanda terhadap Indonesia  selain membuat kerugian besar juga bermanfaat untuk Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan-bangunan yang dibangun pada saat penjajahan berlangsung dan menjadi sebuah peninggalan saat Indonesia sudah merdeka. Bangunan Belanda tidak hanya berpusat pada satu daerah saja tetapi banyak wilayah yang ada bangunan-bangunan Belanda seperti di Desa Krampon, Torjun Sampang Madura. Bangunan hasil belanda seperti PT Garam, kereta api, pt pos, gula tebu dan lain sebagainya yang sampai sekarang menjadi aset Desa Torjun. Karena Indonesia merdeka maka hasil dari pemerintahan Belanda diserahkan terhadap Pemerintahan Indonesia. hal ini diungkapkan oleh Bpk Agus Supriadi.

    Namun, peninggalan-peninggalan Belanda seperti rel kereta api yang dulunya untuk berlangsungnya proses perekonomian dan transportasi masyarakat, namun setelah Belanda tidak lagi berada di Indonesia maka aset-aset tersebut banyak yang dibiarkan dan tidak terawat. Akibatnya banyak yang hilang. Padahal jika diteruskan maka akan membantu masyarakat Madura dalam hal transportasi dan lainnya. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak pula aset-aset yang sampai sekarang masih tetap dijaga dan dilanjutkan oleh pemerintahan Indonesia seperti PT Garam dan rumah-rumah yang dibangun oleh Belanda. Rumah-rumah peninggalan Belanda yang ada di Desa Krampon  sampai sekarang masih tetap dijaga dan bahkan dihuni oleh masyarakat Desa Krampon. Dulunya rumah-rumah tersebut dibangun untuk  ditinggali oleh pengurus PT Garam dan tidak lain adalah orang-orang Belanda. Namun kembali lagi ketika Indonesia sudah merdeka terdapat penyerahan sepenuhnya terhadap Indonesia. Maka dari itu sekarang rumah-rumah Belanda tersebut dihuni oleh orang Indonesia.

    Bangunan dari rumah tersebut masih asli dan belum pernah direnovasi. Hanya saja ketika cat nya sudah mulai pudar maka akan diperbarui dengan mengecat dengan warna yang lain. Dahulu warnanya adalah abu-abu, namun sekarang berubah menjadi hijau seperti yang tertera pada gambar diatas yaitu salah satu gambar rumah yang didokumentasikan oleh tim kkn 83 UTM. Bangunan-bangunan Belanda menjadi daya tarik tersendiri  bagi desa Krampon sekaligus menjadi aset yang harus tetap dijaga sampai kapanpun. Maka dari itu masyarakat desa Krampon perlu untuk terus menjaga keutuhan rumah dan bangunan peninggalan Belanda tersebut agar tetap terpelihara dan terus menjadi aset yang khas dari Desa Krampon. 
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    KRAMPON Desaku

    Hebat dibidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi datang. (ernest Newman)

    ALAMAT

    Kec. Torjun - Kab. Sampang

    EMAIL

    desakrampon@gmail.com

    KEPALA DESA

    Amin
    +628...

    SEKRETARIS DESA

    Sudarsono
    +628...