• Posko Pintar, Siap Menjadi Relawan Pengajar

    Pendidikan merupakan kebutuhan fundamental bagi setiap orang karena dengan belajar kita dapat membuka cakrawala dunia dan dapat bersaing di zaman yang semakin canggih ini. Sehingga kita tidak tertinggal dan tergerus oleh laju perubahan era yang kian cepat. Sehingga pendidikan mutlak diperlukan oleh setiap orang yang ada di masyarakat terutama oleh kalangan muda seperti anak-anak.

    Pada kehidupan nyata tidak sedikit anak-anak desa yang tertinggal dari anak-anak kota jika dilihat dari segi pendidikan. Di kota-kota besar anak-anak cenderung memiliki fasilitas pendidikan yang memadai dan mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar. Berbeda halnya dengan pendidikan yang ada di desa terutama di Desa Krampon.

    Pendidikan di Desa Krampon dapat dikatakan dalam kondisi yang kurang baik karena kurangnya tenaga pengajar yang berstatus PNS, minimnya fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar seperti: perpustakaan, laboratorium, dan media pembelajaran, selain itu terdapat beberapa bangunan yang kurang layak digunakan sebagai ruang kelas. Kendala-kendala tersebut tentu mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar yang berdampak pada tidak optimalnya pelajaran yang dapat diterima oleh peserta didik.  
    Berangkat dari permasalahan di atas kelompok KKN 83 Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif untuk mendirikan posko pintar. Pada posko pintar tersebut anak-anak di Desa Krampon dapat menimba ilmu dari teman-teman mahasiswa yang melakukan pengabdian. Posko pintar tersebut membantu anak-anak yang kesulitan dengan mata pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Selain itu posko pintar memberikan pembelajaran kepada anak-anak dengan metode fun learning.

    Dengan metode pembelajaran fun learning akan membuat anak-anak menyerap pembelajaran secara lebih optimal. Karena materi disampaikan dengan konsep belajar dan bermain. Sehingga membuat anak-anak tidak merasa letih dan bosan.

    Posko pintar dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis pukul 16.00 – 17.00 WIB. Lokasi balai desa yang berdekatan dengan pemukiman warga membuat balai desa menjadi tempat strategis untuk berkumpulnya anak-anak. Kendala yang dihadapi pada posko pintar ini adalah banyak kendaraan roda besar yang melintas sepanjang jalan raya Desa Krampon. Hal ini membuat sebagian orangtua tidak mengizinkan anak mereka untuk datang ke posko pintar. Namun hal ini telah ditangani dengan cara membantu menyeberangkan anak-anak yang datang ke posko dan mengawasi mereka untuk tetap berada di lingkungan balai desa. Selain itu, ada beberapa orangtua yang dengan senang hati mengantarkan anak mereka ke posko pintar untuk belajar.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    KRAMPON Desaku

    Hebat dibidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi datang. (ernest Newman)

    ALAMAT

    Kec. Torjun - Kab. Sampang

    EMAIL

    desakrampon@gmail.com

    KEPALA DESA

    Amin
    +628...

    SEKRETARIS DESA

    Sudarsono
    +628...