• Keterbatasan Membuat Harga Tembakau Menurun

    Banyaknya petani tembakau Desa Krampon Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang mengeluhkan air untuk penyiraman tanaman tembakau, tanah mengering dan pecah pecah menghambat pertumbuhan daun yang hijau subur dan melebar dikarenakan Desa Krampon memang kesusahan air pada musim kemarau sehingga untuk penyiraman harus menunggu air hujan atau membeli dari penjual air tentunya modal yang dibutuhkan lebih besar sedangkan untuk perawatan dari tembakau pada umur satu minggu tanah sekitar tanaman harus ditata agar akar pada tanaman lebih kokoh dan merekat dengan kuat pada tanah.

    Masyarkat Desa Krampon mayoritas menanam tembakau dikarenakan selain tembakau merupakan tanaman yang  tahan panas juga dengan alasan tidak adanya pengepul yang tanaman lain selain tembakau, Bu Siti Desa Krampon Tengah (27/07/2018) menjelaskan bahwa penanaman lain selain tembakau tidak laku dengan alasan tidak adanya pengepul yang masuk ke Desa Krampon, dengan pengalaman Ibu Siti yang pernah menanam kacang panjang beliau merasa rugi dikarenakan tidak laku terjual dan jika diarahkan ke pasar penjualan hanya laku seribu dua ribu dengan tawaran ibu ibu rumah tangga, namun seandainya ada pengepul yang masuk maka dapat terjual seluruhnya dan hasil yang didapat akan nyata. 

    Pemasaran tanaman tembakau menghandalkan pengepul yang masuk ke Desa Krampon dengan sistem “Tebas” atau dibeli dengan keseluruhan satu petak tanah mulai dari besar kecilnya daun atau baik buruknya kualitas distandarkan dengan harga dari pengepul. Alasan masyarakat tidak menjual tembakau yang sudah dipotong tipis menjadi kering dikarenakan pengepul tidak membeli dengan harga tinggi sehingga jika dibeli di tempat dan dalam keadaan daun tua masih di tangkai tanaman makan harga lebih murah, alasan yang kedua adalah modal untuk peralatan pemotongan daun dan penjemuran tembakau yang terbilang mahal untuk proses tanaman tembakau yang sudah kering. 


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    KRAMPON Desaku

    Hebat dibidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi datang. (ernest Newman)

    ALAMAT

    Kec. Torjun - Kab. Sampang

    EMAIL

    desakrampon@gmail.com

    KEPALA DESA

    Amin
    +628...

    SEKRETARIS DESA

    Sudarsono
    +628...