• Kegiatan FGD Krampon Mendapat Respon Baik Masyarakat

    Forum Group Discussion (FGD) merupakan salah satu program wajib Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang dilaksanakan di Desa  Krampon. Program ini ditujukan untuk memaparkan seluruh program kerja selama 26 hari dan mendiskusikan relevansi seluruh program tersebut kepada masyarakat. Secara adat atau budaya setempat program ini juga bisa disebut sebagai ajang untuk meminta izin kepada segenap struktur dan tokoh masyarakat Desa Krampon.

    Secara garis besar, terdapat tujuh program kerja yang diutarakan kelompok KKN 83 di forum ini. Program FGD ini yang pertama, selanjutnya ada Posko Pintar, Cinta Lingkungan, pembuatan produk Banaca, sosialisasi teknologi terapan berupa Filterasi Air Keruh, Semarak 17 Agustus, dan terakhir Gebyar Gempita.

    Dari seluruh program yang disampaikan, beberapa diantaranya mendapat respon dari masyarakat untuk dimusyawarahkan lebih lanjut. Salah satunya adalah program teknologi terapan berupa Filterasi Air Keruh. Meskipun beberapa masyarakat menilai filterasi air keruh kurang relevan di Desa Krampon. Beberapa masyarakat juga menyarankan jika sebaiknya filterasi air keruh dialihfungsikan menjadi filterasi air payau menjadi air tawar. Karena memang tidak memungkinkan merubah air payau menjadi air tawar dalam skala besar, masyarakat pun memaklumi. Sebab untuk merubah air payau menjadi air tawar membutuhkan alokasi yang tidak sedikit dengan hasil yang tidak sebanding. Maka teknologi yang memungkinkan diterapkan hanya berupa filterasi air keruh yang diharapkan dapat mengurangi limbah air kotor saat menguras tandon air. 

    Selanjutnya program yang mendapat respon positif dari masyarakat adalah produk olahan Banaca berupa es krim, kue bolu, dan nugget pisang. Selain itu, program Posko Pintar juga menjadi sorotan tanggapan masyarakat. Kebanyakan tanggapan datang dari ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebab tertarik akan pemberian pelajaran tambahan kepada putra-putrinya, dan juga pelatihan kewirausahaan  yang mungkin bisa menjadi pendapatan tambahan keluarga.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    KRAMPON Desaku

    Hebat dibidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi datang. (ernest Newman)

    ALAMAT

    Kec. Torjun - Kab. Sampang

    EMAIL

    desakrampon@gmail.com

    KEPALA DESA

    Amin
    +628...

    SEKRETARIS DESA

    Sudarsono
    +628...