• Imunisasi Dini Melawan Virus Difteri


    Sejak bulan Januari lalu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) telah menetapkan Jatim berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) virus difteri. Status ini telah menyebar di 14 kabupaten kota di Jatim dan salah satu yang terparah ada di Kabupaten Sampang. Menurut data Dinas Kesehatan setempat sekitar 38 pasien yang terjangkit di Sampang dan kabarnya dua diantaranya telah meninggal.

    Menyikapi kasus tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menginstruksikan imunisasi vaksin  di seluruh Jatim untuk memutus penyebaran virus tersebut. Di Desa Krampon sendiri vaksinisasi dilakukan oleh pihak Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) kepada anak usia 6-12 tahun. 

    Kegiatan imunisasi ini dilakukan selama dua hari di seluruh sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Desa Krampon. Pihak Poskesdes juga dibantu oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tengah menempuh Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Krampon untuk memudahkan pihak Poskesdes dalam melaksanakan imunisasi tersebut. Sebab banyak juga diantara siswa-siswi tingkat SD  takut akan jarum suntik.

    Perlu diketahui, virus difteri merupakan virus yang mudah sekali penyebarannya meskipun tidak terlalu mematikan namun jika penangannya terlambat dapat juga menyebabkan kematian. Virus ini adalah salah satu virus yang dapat dicegah melalui imunisasi, dan pemerintah Indonesia telah menetapakan imunisasi terhadap virus difteri sebagai program wajib. Penyebaran virus ini dapat dikatakan mudah, seperti minum pada gelas yang sama dengan penderita difteri atau karena bersentuhan dengan luka (borok) penderita difteri.

    Virus difteri akan menghasilkan racun yang akan membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan, sehingga akhirnya menjadi sel mati. Sel-sel yang mati inilah yang akan membentuk membran (lapisan tipis) abu-abu pada tenggorokan. Di samping itu, racun yang dihasilkan juga berpotensi menyebar dalam aliran darah dan merusak jantung, ginjal, serta sistem saraf. Gejala difteri umumnya ditandai dengan pilek berkepanjangan dan sakit tenggorokan atau serak. Tapi virus ini juga dapat menyerang kulit yang menyebabkan borok dan demam. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda atau anak Anda menunjukkan gejala-gejala di atas. Penyakit ini harus diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    KRAMPON Desaku

    Hebat dibidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi datang. (ernest Newman)

    ALAMAT

    Kec. Torjun - Kab. Sampang

    EMAIL

    desakrampon@gmail.com

    KEPALA DESA

    Amin
    +628...

    SEKRETARIS DESA

    Sudarsono
    +628...